Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

4 Manfaat Olahraga Voli Yang Wajib Anda Ketahui

4 Manfaat Olahraga Voli Yang Wajib Anda Ketahui

Dibandingkan olahraga voli, sepakbola dan basket lebih populer di Indonesia. Namun, semenjak tim Indonesia berhasil masuk semifinal Kejuaraan Voli Asia pada tahun 2017 lalu, olahraga ini berhasil menyita banyak perhatian. Selain mampu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, teknik dasar permainan bola voli memerlukan kerjasama antar anggota tim. Nah, kalau berminat dengan cabang olahraga ini, ada berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan, lho! Contohnya ada empat manfaat berikut ini yang perlu kamu ketahui!

Menguatkan Persendian dan Otot

Teknik permainan voli melibatkan banyak gerakan pada anggota tubuh. Mulai dari otot paha, betis, bokong, dan pinggul yang digerakan untuk berlari dan lompat hingga otot punggung dan lengan atas untuk memukul bola. Selain membentuk dan menguatkan otot-otot tersebut, teknik permainan bola voli juga dapat memperkuat persendian karena terus dilatih untuk melakukan gerakan melompat, memukul, dan berlari. Bila persendian kuat, kamu akan terhindar dari berbagai risiko cedera saat melakukan aktivitas harian dan olahraga.

Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

Karena termasuk dalam jenis olahraga kardio, olahraga bola voli dapat meningkatkan detak jantung. Bila dilakukan selama minimal 15-20 menit, denyut nadi akan meningkat sebanyak 60-80% dari biasanya. Olahraga kardio memicu otot jantung agar terus bergerak sehingga semakin kuat. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat menyalurkan darah lebih cepat dan lebih banyak.

Hal ini menyebabkan oksigen lebih banyak mengalir pada sel-sel otot dan membantu proses pembakaran lemak bahkan ketika tubuh kamu beristirahat. Karena pada umumnya teknik dasar bola voli dapat membantu proses pembakaran lemak, maka kamu perlu melakukan olahraga ini secara teratur jika ingin menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga voli dapat mencegah obesitas yang menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes.

Dapat Menyehatkan Organ Iternal

Selain dapat membakar lemak lebih efektif, olahraga kardio seperti olahraga bola voli ternyata dapat menyehatkan organ-organ internal atau organ bagian dalam tubuh. Dengan begitu organ internal seperti ginjal, paru-paru, hati, dll dapat berfungsi secara maksimal. Tubuh pun akan semakin sehat dan bugar. Maka dari itu, tidak ada salahnya melakukan olahraga seperti voli terutama di tengah krisis kesehatan akibat mewabahnya COVID-19.

Membantu Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Tingkat konsentrasi seseorang tergantung dari kesehatan mentalnya. Bila ingin konsentrasi meningkat dan tetap tajam, maka mental pun harus dalam keadaan prima. Melakukan olahraga bola voli bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental sekaligus meningkatkan konsentrasi. Terlebih olahraga ini juga menuntut pemainnya untuk terus berkontraksi memperhatikan pergerakan bola.

Selain memperhatikan gerakan bola, salah satu teknik permainan bola voli yaitu memperhatikan pergerakan kawan dan lawan agar strategi permainan bisa dilancarkan. Tidak heran jika olahraga ini termasuk dalam olahraga yang mampu mengasah konsentrasi dan menjaganya agar tetap fokus. Hal ini juga nantinya akan berpengaruh pada pekerjaan dan aktivitas lain yang dilakukan sehari-hari.

Setelah mengetahui empat manfaat di atas, ada banyak alasan untuk menjadikan bola voli sebagai salah satu olahraga pilihan kamu. Olahraga yang seru ini bisa kamu lakukan bersama teman atau keluarga. Dengan begitu kamu pun akan terus aktif bergerak untuk memperkuat daya tahan tubuh serta menjaganya agar tetap sehat dan bugar. Jadi, jangan sampai malas untuk aktif bergerak, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *