Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Siapapun pasti menginginkan tubuh yang sehat dan bugar. Maka dari itulah banyak orang yang menjaga kesehatan tubuhnya dengan cara berolahraga pagi. Sebab, tidak diragukan lagi bahwa ada begitu banyak manfaat olahraga pagi.

Apalagi, kamu tentu sudah tahu sendiri bahwa udara di pagi hari masih sangat sejuk. Tubuh juga yang baru bangun tidur jadi masih segar dan cocok untuk berolahraga. Bisa dibilang dalam dunia kedokteran bahwa tidak ada yang menunjukkan bahwa ada jam khusus yang baik untuk menjalankan olahraga.

Kendati demikian, ada juga manfaat yang tidak perlu diragukan lagi dan suatu manfaat tertentu yang akan kamu dapat jika olahraga di pagi hari. Supaya kamu tidak semakin penasaran lagi, berikut ini beberapa manfaat olahraga pagi yang bisa kamu ketahui, ada apa saja yuk intip!

8 Manfaat Olahraga Pagi yang Harus Kamu Ketahui

Berikut ini adalah 8 manfaat yang bisa kamu peroleh dengan olahraga pagi.

1. Bisa Bantu Tingkatkan Rasa Waspada

Ternyata, dengan olahraga pagi kamu bisa mendapatkan manfaat berupa rasa waspada yang jadi lebih tinggi. Ini adalah kortisol yang merupakan hormon yang bisa membuat kamu jadi merasa lebih waspada dan terjaga.

Pada umumnya, hormon ini bisa jadi lebih meningkat khususnya pada pagi, dan akan jadi menurun pada saat malam. Hormon kortisol ini pun akan sampai puncak setidaknya paling maksimal adalah pukul 8 pagi.

Apabila kamu punya ritme sirkadian yang lebih bugar, tubuh kamu akan jadi lebih mudah dalam menyiapkan diri saat sedang olahraga pada waktu masih pagi. Yakni ketika hormon kortisol ada pada titik puncak.

2. Jadi Lebih Banyak Energi

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya dengan olahraga pagi bisa membuat kamu jadi lebih memiliki banyak energi. Rasa kelelahan yang ada di tubuh akan jadi lebih berkurang.

Ini disebabkan karena ketika tubuh kamu sedang olahraga maka ada oksigen dan nutrisi lebih mudah mengalir hingga ke jantung dan juga paru-paru. Maka dari itu bisa bantu meningkatkan fungsi pada sistem kardiovaskular, daya tahan, dan juga stamina kamu dengan optimal.

3. Bantu Tingkatkan Suasana Hati

Ternyata dengan olahraga pagi, kamu juga akan mendapatkan manfaat berupa suasana hati kamu jadi lebih meningkat. Sebab otak akan memberikan hasil endorfin yang jadi lebih banyak atau hormon yang bisa memicu rasa senang.

Ini juga bisa berfungsi pada mengalihkan perhatian dari munculnya pikiran yang khawatir. Jadi dengan olahraga pagi, stres kamu jadi berkurang dan sepanjang hari kamu jadi punya mood yang baik.

4. Jadi Lebih Fokus

Kamu pasti tahu bahwa pada umumnya ada begitu banyak orang yang susah fokus akan suatu hal saat sedang bekerja saat sudah mulai waktu siang. Maka kamu bisa berolahraga agar fokus kamu jadi lebih meningkat dan membuat kamu jadi mudah konsentrasi.

5. Bantu Kendalikan Nafsu Makan

Adapun manfaat dari olahraga di pagi hari adalah bantu kendalikan nafsu makan kamu. Bisa dikatakan terdapat ghrelin, hormon kelaparan dan bisa meningkatkan adanya hormon kenyang.

6. Jadi Turunkan Berat Badan dengan Efektif

Ada suatu studi yang sudah ada pada buku EbioMedicine yang isinya tentang olahraga saat pagi bisa menjadi salah satu cara terbaik dalam turunkan berat badan dengan efektif. Dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa ada sekitar sepuluh remaja laki-laki dan olahraga saat masih pagi, sore dan juga malam pada sesi yang terpisah juga.

Kemudian peneliti dapat melihat bahwa lemak yang terbakar dalam 24 jam yang terpenting adalah ketika remaja tersebut olahraga saat pagi dan saat belum mulai sarapan.

7. Tidurnya Jadi Lebih Nyenyak

Bagi kamu yang sering terkena insomnia maka kamu bisa coba dengan olahraga di pagi hari agar tidur kamu jadi lebih nyenyak. Hal ini disebabkan oleh paparan cahaya saat masih pagi bisa bantu kamu mendapatkan kadar melatonin saat sudah malam. Maka dari itu kamu bisa lebih mudah tidur dalam waktu yang lebih cepat dan juga tidurnya jadi lebih nyenyak dan pada pagi hari berikutnya kamu akan lebih merasa segar.

Demikian untuk 8 manfaat olahraga pagi untuk kesehatan tubuh agar tetap terjaga. Usahakan tetap rutin dalam menjalankan olahraga pagi supaya tubuh kamu tetap sehat dan bisa ikuti setelah tahu apa saja manfaat yang didapatkan tersebut. Selain rutin berolahraga, pastikan juga kamu selalu mengonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi.

2 thoughts on “8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *