Perbedaan Gym Dan Fitness Secara Umum

Mungkin, banyak yang tidak menyadari tentang perbedaan gym dan fitness karena kedua istilah ini merujuk pada kegiatan yang sama. Namun, jika kita cermati lebih jauh, gym dan fitness merupakan hal yang serupa, tapi tak sama.

Maka dari itu, supaya kamu tidak salah beranggapan lagi, kita akan membahas perbedaan keduanya di sini. Yuk, simak di artikel ini.

Pengertian Gym
Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan gym dan fitness, kita perlu mengetahui pengertian dari masing-masing istilahnya.

Gym sendiri merupakan akronim dari gymnasium. Secara harfiah, gym dapat kita artikan sebagai tempat atau lokasi untuk melakukan kegiatan latihan dan olahraga, seperti layanan senam, atletik, dan kardio.

Namun, kata gym sudah mengalami ‘pergeseran makna’ sehingga lebih identik dengan pusat latihan kebugaran. Ketika memasuki tempat gym, kamu akan disuguhi dengan berbagai macam peralatan olahraga yang dapat digunakan untuk menunjang program latihan.

Semakin lengkap peralatan olahraga yang ada di sebuah gym, maka kamu bisa lebih leluasa untuk latihan berbagai jenis olahraga. Biasanya, tempat gym juga memiliki pelatih atau trainer untuk para pelanggannya.

Pengertian Fitness

Sedangkan fitness adalah sebuah gaya hidup atau lifestyle yang seimbang untuk menjaga pola hidup sehat dan kebugaran tubuh. Namun, kebugaran di sini lebih beragam karena ada 3 faktor utama, yaitu olahraga (latihan), asupan nutrisi (makanan), dan juga istirahat.

Dengan mengombinasikan ketiga faktor tersebut, kita diharapkan bisa mendapat tubuh yang ideal, sehat, dan bugar.

Perbedaan Gym Dan Fitness Yang Perlu Anda Ketahui

Itu dia masing-masing pengertian dari gym dan fitness yang perlu kita ketahui. Lantas, apa saja perbedaan keduanya? Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa perbedaannya.

1. Dari Segi Latihan

Dari segi pergeseran makna, gym sudah identik dengan pusat latihan kebugaran untuk membentuk otot tubuh menjadi ideal. Oleh karena itu, gym cenderung merujuk pada aktivitas dengan jenis latihan berupa angkat beban untuk membangun massa otot tubuh.

Sedangkan fitness sendiri tidak hanya fokus pada angkat beban saja. Namun, kamu juga melakukan olahraga lainnya, seperti push upsit up, dan bermain sepak bola. Tujuannya adalah untuk mencapai kebugaran tubuh.

2. Dari Segi Tempat Latihan

Di tempat gym, kamu akan menemukan berbagai jenis peralatan olahraga yang lengkap, mulai dari dumbbell, barbel, hingga body crunch. Sedangkan fitness pada dasarnya bisa kamu lakukan di mana saja.

Bahkan, ketika kamu melakukan push up atau sit up di kamar tidur atau teras rumah sekali pun, itu sudah bisa dikatakan sedang melakukan latihan fitness.

Namun, ada juga tempat khusus bernama fitness center yang bisa kamu kunjungi. Secara umum, fitness center memiliki fasilitas yang lebih lengkap karena tidak hanya menyediakan alat saja, melainkan ada kolam renang hingga tempat jogging-nya.

Itu dia perbedaan antara gym dan fitness yang perlu kamu ketahui. Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan, tetapi keduanya tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu mencapai kebugaran dan kesehatan tubuh.

Selain melakukan aktivitas kebugaran tubuh di tempat gym dan fitness center, kamu juga bisa melakukannya dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like