Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

9 Tips Mengatasi Badan Lemas dan Mudah Mengatuk agar Segar Kembali

Bonedjello.com – Tubuh terasa lemas adalah masalah umum yang dapat mengganggu produktivitas. Rasa mudah lelah dan lesu tentu bisa menjadi tanda bahwa sesuatu tidak beres dalam kesehatan fisik atau mental. Namun, jangan khawatir, ada banyak tips mengatasi badan lemas yang bisa Anda lakukan.

Penyebab Badan Lemas

Sebelum kita mengetahui tips mengatasi badan lemas, Anda juga harus mengetahui penyebab umum yang terjadi. Berikut di antaranya:

1. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah penyebab utama rasa lemas. Saat kita tidur, tubuh melakukan pemulihan dan perbaikan sel-sel. Kurang tidur dapat mengganggu proses ini, menyebabkan ketidaknyamanan, kelelahan, dan penurunan energi.

2. Pola Makan yang Tidak Seimbang

Pola makan yang tidak seimbang, seperti mengonsumsi makanan cepat saji berlemak tinggi, gula berlebihan, atau kurang serat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan tajam. Hal ini dapat menyebabkan kondisi badan lemas dan kelelahan setelah makan.

3. Dehidrasi

Ketika tubuh kehilangan terlalu banyak air, fungsinya mulai terganggu, yang dapat mengakibatkan badan terasa lemas, penurunan konsentrasi, dan ketidaknyamanan.

4. Stres dan Kecemasan

Stres kronis dan kecemasan dapat menguras energi. Hormon stres seperti kortisol dapat mempengaruhi berbagai fungsi tubuh, dan jika stres berlarut-larut, itu dapat menghasilkan rasa lemas dan kelelahan yang konstan.

5. Gangguan Kesehatan

Ada banyak gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan badan lemas, seperti anemia (kurang darah), diabetes, infeksi, atau gangguan tiroid. Penyebab medis harus diidentifikasi dan diatasi oleh profesional medis.

6. Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan badan lemas karena zat besi diperlukan untuk produksi hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa cukup zat besi, pasokan oksigen ke sel-sel tubuh dapat terganggu, menyebabkan kelelahan, lesu, dan anemia (kurang darah merah). Ini adalah salah satu penyebab umum badan lemas yang dapat diatasi dengan suplemen zat besi atau perubahan dalam pola makan.

Tips Mengatasi Badan Lemas

Adapun beberapa cara mengatasi badan lemas, yaitu:

1. Tidur yang Cukup

Tips mengatasi badan lemas yang pertama adalah tidur yang cukup. Ketika Anda tidur, tubuh memulihkan diri, memperbaiki jaringan, dan mengisi ulang energi. Kurang tidur dapat menyebabkan penumpukan kelelahan dan membuat Anda merasa lemas. Durasi tidur yang cukup adalah sekitar 7-9 jam setiap malam untuk sebagian besar orang.

Untuk mencapai tidur yang berkualitas, cobalah untuk menjaga rutinitas tidur yang konsisten, hindari stimulan seperti kafein atau layar gadget sebelum tidur, dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan tenang.

Baca Juga: Vitamin untuk Imun Tubuh

2. Pola Makan Seimbang

Pola makan sehat yang seimbang penting untuk menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari. Ini mencakup mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mencakup protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serat, buah-buahan, dan sayuran.

Protein membantu mempertahankan otot dan memberikan energi tahan lama, sementara karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang stabil. Jangan melewatkan sarapan, karena ini memberikan awalan energi penting setelah tidur malam. Makan lebih sering dalam porsi kecil juga dapat membantu menjaga tingkat gula darah stabil.

3. Hindari Gula dan Makanan Cepat Saji

Gula dan makanan cepat saji cenderung memberikan lonjakan energi singkat yang diikuti oleh penurunan energi yang tajam. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan fluktuasi gula darah yang dapat membuat Anda merasa lemas. Makanan cepat saji juga seringkali rendah dalam nutrisi penting.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula tambahan dan makanan olahan yang tinggi lemak jenuh atau trans. Sebaliknya, fokus pada makanan alami dan sehat yang memberikan energi yang lebih tahan lama serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup menjadi tips mengatasi badan lemes berikutnya. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk rasa lemas. Ketika tubuh kekurangan cairan, sirkulasi darah dan aliran oksigen ke otot dan organ dapat terganggu, yang dapat mengakibatkan kelelahan.

Untuk menghindari dehidrasi, pastikan Anda minum air secara teratur sepanjang hari. Porsi air yang cukup bisa bervariasi tergantung pada kondisi individu, tetapi sebagai pedoman umum, coba untuk minum setidaknya 8 gelas (sekitar 2 liter) air per hari, atau lebih jika Anda aktif secara fisik.

5. Berolahraga secara Teratur

Berolahraga secara teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan tingkat energi. Latihan fisik dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, memicu pelepasan endorfin (hormon bahagia), dan memperbaiki kapasitas paru-paru dan daya tahan tubuh.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat. Aktivitas fisik ringan hingga sedang seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan energi. Cobalah untuk menjadwalkan sesi olahraga secara teratur dalam rutinitas Anda.

6. Kelola Stres

Tips mengatasi badan lemas selanjutnya adalah kelola stres. Stres yang berkepanjangan dapat memengaruhi kesejahteraan fisik dan mental Anda. Ketika Anda merasa sangat stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol, yang dapat menguras energi dan mengganggu tidur.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres. Salah satu cara efektif adalah dengan menggunakan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam. Cara ini dapat membantu menenangkan pikiran Anda, mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan perasaan relaksasi, yang akhirnya dapat membantu mengatasi rasa lemas. Selain itu, mencari dukungan sosial dan berbicara dengan seseorang yang Anda percayai juga dapat membantu mengurangi stres.

Baca Juga: Agar Tak Mudah Sakit: Ini 7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh

7. Konsumsi Makanan Penambah Energi

Beberapa makanan khusus memiliki manfaat untuk kesehatan karena memberikan tambahan energi. Contohnya adalah almond, kacang-kacangan, atau buah-buahan beri. Makanan-makanan ini mengandung nutrisi seperti protein, serat, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan stamina Anda. Konsumsi makanan ini sebagai camilan sehat ketika Anda merasa lemas.

8. Batasi Konsumsi Kafein

Tips mengatasi badan lemas berikutnya adalah batasi konsumsi kafein. Meskipun kafein dapat memberikan dorongan energi sementara, konsumsi kafein yang berlebihan atau terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Cobalah untuk menghindari minum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh, terutama di sore dan malam hari. Jika Anda perlu mendapatkan dorongan energi tambahan, pertimbangkan alternatif yang rendah kafein seperti minuman herbal atau air.

9. Perhatikan Kesehatan Mental

Badan lemas juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Jika Anda merasa terus-menerus lemas dan merasa ini berkaitan dengan masalah emosional atau mental, sangat penting untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental.

Terapis atau psikolog dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah dan memberikan dukungan serta perawatan yang sesuai untuk menjaga kesehatan mental Anda. Kesehatan mental yang baik adalah bagian penting dari kesejahteraan secara keseluruhan.

Demikian informasi tips mengatasi badan lemas yang bisa Anda coba. Jika Anda mengalami kondisi ini dan tidak kunjung membaik, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

  • Related Posts

    Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

    Masker jeruk nipis memang belum seterkenal masker lidah buaya atau masker putih telur. Padahal, masker jeruk nipis pun tidak kalah bermanfaat untuk kulit wajah berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Agar…

    Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

    Banyak orangtua yang tidak menyadari jika anaknya sedang mengalami masalah terkait kesehatan mental. Jika kondisi ini dibiarkan, sesuatu yang berbahaya bisa saja terjadi, seperti bunuh diri. Namun, masih banyak alasan…

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You Missed

    Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

    Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

    Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

    Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

    Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

    Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

    7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

    7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

    Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

    Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

    Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

    Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui