Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

12 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya (Carica papaya L.) adalah buah yang berasal dari daerah selatan Meksiko dan bagian utara Amerika Selatan. Selain enak, ada berbagai manfaat pepaya yang bisa kamu rasakan pada kesehatan tubuh. Sebab, buah ini mengandung vitamin dan berbagai nutrisi, yang membantu tubuh menjalankan fungsinya secara optimal.

Jika kamu menjadi penggemar buah pepaya, ternyata mengonsumsi buah ini secara rutin bisa membuat kamu merasakan berbagai manfaatnya. Yuk, simak ulasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh berikut ini!

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

7 Manfaat Baik Rutin Konsumsi Buah Pepaya

Pepaya menjadi salah satu makanan sehat yang mudah kamu temukan. Selain itu, buah ini memiliki rasa yang manis sehingga banyak masyarakat yang menyukai buah ini.

Nah, mau tahu apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalam pepaya? Dalam 152 gram pepaya mengandung:

  • Kalori: 59.
  • Karbohidrat: 15 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Protein: 1 gram.
  • Vitamin C: 157 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin A: 33 persen kebutuhan harian.
  • Folat: 14 persen kebutuhan harian.
  • Potasium: 11 persen kebutuhan harian.

Selain itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium, magnesium, vitamin B, dan K.

Pepaya juga mengandung antioksidan bernama karotenoid salah satunya yaitu likopen. Buah ini juga mengandung enzim papain. Nah, kandungan nutrisi inilah yang membuat manfaat pepaya untuk kesehatan begitu banyak.

Berbagai Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan – Artikel BLOG

Ada banyak manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh yang mungkin masih jarang kamu ketahui, antara lain:

1.Melancarkan pencernaan

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh amat beragam, salah satunya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat pepaya untuk pencernaan berasal dari enzim yang terkandung dalam buah ini.

Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Kadar enzim paling tinggi ketika buah pepaya dalam kondisi matang. Enzim tersebut mampu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

Menurut penelitian dalam Neuro Endocrinology Letters, kelompok yang mengonsumsi formula dengan bahan dasar pepaya, dapat menurunkan risiko sembelit dan perut kembung selama 40 hari.

2. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Manfaat pepaya lainnya adalah berkaitan dengan sistem imun tubuh. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan E.

Vitamian C menjadi salah satu jenis vitamin yang cukup tinggi kandungannya. Melansir dari jurnal Nutrients dengan judul Vitamin C and Immune Function, vitamin C menjadi jenis vitamin yang sangat penting untuk mengoptimalkan imun tubuh.

Ingat, berbagai vitamin tersebut penting bagi sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun makin prima, maka risiko terserang penyakit infeksi semakin berkurang.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Buah ini banyak mengandung vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kulit. Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit.

Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Selain itu, dalam penelitian pada Photochemical and Photobiological Sciences, mengatakan bahwa kandungan likopen dalam pepaya juga berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan kulit.

Kelompok wanita yang mengonsumsi likopen selama 10-12 minggu secara rutin mampu menurunkan risiko kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini bisa mencegah iritasi atau sunburn pada kulit yang mungkin terjadi.

5. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat pepaya juga berkaitan dengan kesehatan rambut. Buah ini mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga baik untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Pastikan perawatan yang kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan rambut. Cari tahu dampak penggunaan hair mask setiap hari melalui artikel ini → Bolehlah Menggunakan Hair Mask Setiap Hari? Ini Faktanya.

6. Menyembuhkan luka pada lapisan perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka, yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya.

Kandungannya dapat membantu tubuh untuk melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

7. Menurunkan risiko Alzheimer

Buah ini juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan mampu mencegah paparan radikal bebas pada tubuh, termasuk di dalam otak.

Berbagai peneliti percaya bahwa pencegahan paparan radikal bebas pada bagian otak bisa menurunkan risiko Alzheimer.

8. Mencegah peradangan dalam tubuh

Peradangan kronis yang terjadi pada tubuh menjadi pemicu berbagai penyakit. Mengonsumsi pepaya, salah satu buah yang kaya akan antioksidan menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya peradangan dalam tubuh.

9. Mencegah kanker prostat

Manfaat pepaya lainnya bisa membantu kamu untuk mencegah kanker prostat. Hal ini karena buahnya mengandung likopen yang memberikan warna cerah alami pada buahnya. Likopen mampu menurunkan risiko kanker. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

10. Mengoptimalkan kesehatan mata

Pepaya memiliki kandungan zeaxanthin yang cukup tinggi. Zeaxanthin adalah salah satu jenis kandungan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan mata.

Memenuhi kebutuhan nutrisi ini terbukti mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

11. Mengoptimalkan kesehatan tulang

Meskipun dalam jumlah yang kecil, buah ini juga mengandung vitamin K. Memenuhi kebutuhan vitamin K membuat tubuh menyerap kalsium lebih baik sehingga kesehatan tulang terjaga dengan baik.

12. Mengatasi nyeri dan melancarkan menstruasi

Memasuki siklus menstruasi, beberapa wanita akan mengalami nyeri menstruasi yang menyebabkan tidak nyaman. Mengonsumsinya bisa membuat gejala nyeri menjadi lebih baik karena adanya enzim papain dalam pepaya.

Selain itu, jika kamu mengalami gangguan menstruasi, seperti siklus menstruasi yang tidak lancar, sebaiknya konsumsilah buah pepaya. Adapun, kandungan enzim papain pada buah ini mampu memperlancar siklus menstruasi.

13. Meningkatkan kesuburan wanita

Mengonsumsinya mampu meningkatkan kesuburan wanita. Melansir dari jurnal Foods, pengobatan pada wanita dengan menggunakan ekstrak pepaya, mampu memperpanjang masa kesuburan dan mencegah infertilitas pada wanita.

Itulah berbagai kandungan nutrisi dan manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh. Karena buah ini kaya akan manfaat, pastikan untuk memasukkannya dalam menu makan sehari-hari kamu, orang tua, dan keluarga kamu, ya.

Related Posts

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Melon adalah buah yang segar dan lezat yang banyak ditemukan di Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau atau kuning dengan daging berwarna oranye, putih,…

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

Ada beragam manfaat ubi jalar bagi kesehatan. Umbi-umbian ini mengandung nutrisi yang dapat melawan beragam penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui