Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

3 Efek Samping Makan Telur Setiap Hari, Berapa Batas Amannya?

Telur adalah sumber protein hewani yang terjangkau dan mudah diolah menjadi beraneka ragam masakan.

Tak heran, konsumsi telur setiap hari, terutama saat sarapan, tidak cukup membosankan untuk sejumlah orang.

Bahan pangan ini mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk protein, sebanyak 6 gram per satu butir berukuran besar.

Dilansir dari Healthline, telur juga mengandung semua asam amino esensial dalam rasio yang tepat, sehingga tubuh mampu memanfaatkan protein di dalamnya secara utuh.

Mengonsumsi protein yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, serta mengoptimalkan kesehatan tulang.

Bahan pangan ini juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, folat, vitamin B5, vitamin B12, fosfor, dan selenium.

Tak hanya itu, telur pun mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin B6, kalsium, serta seng dalam jumlah yang cukup.

Lantas, apa efek samping makan telur setiap hari?

Efek Samping Makan Telur Setiap Hari

Dilansir dari Eat This, telur adalah bahan pangan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah melimpah.

Sumber protein hewani ini kaya akan kolin, senyawa yang dapat meningkatkan otak, serta kandungan lutein dan zeaksantin, dua antioksidan pendukung kesehatan mata.

Dengan semua nutrisi di dalamnya, ditambah cara mengolah minim minyak serta garam dan gula, telur menjadi menu makanan yang aman dan bermanfaat untuk dikonsumsi setiap hari.

Namun, makan telur setiap hari dalam jumlah banyak dapat menimbulkan beberapa risiko bagi sebagian orang.

Berikut beberapa efek samping makan telur setiap hari bagi kesehatan:

1. Kolesterol Meningkat

Selama beberapa dekade, para ahli percaya bahwa kandungan kolesterol pada kuning telur secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Telur mengandung kolesterol dalam jumlah tinggi, sekitar 190 miligram per butir, atau lebih dari 60 persen batas yang direkomendasikan setiap hari.

Namun, daripada hanya mengonsumsi kuning telur, riwayat kesehatan keluarga seseorang sebenarnya memiliki dampak lebih besar terhadap kadar kolesterol.

Pasalnya, dikutip dari Medical News Today, sebagian besar kolesterol dalam darah manusia diproduksi oleh organ hati, bukan berasal dari makanan hewani.

Kendati demikian, konsumsi telur terlalu banyak dikhawatirkan akan menambah kadar kolesterol, terutama pada orang dengan riwayat kesehatan lemak darah tinggi.

Sebagai pilihan lebih sehat, penderita kolesterol tinggi dapat mengonsumsi putih telur yang terbukti tidak mengandung kolesterol.

2. Risiko Penyakit Jantung Meningkat

Kebanyakan ahli sepakat, makan satu butir telur setiap hari tampaknya tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Bahkan, penelitian terhadap setengah juta orang dewasa di China mengungkapkan, konsumsi satu butir telur per hari dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular.

Di sisi lain, makan tiga atau empat butir telur setiap hari dapat memicu efek samping yang merugikan.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi pada 2019 yang mengaitkan makan lebih dari 300 miligram kolesterol per hari dengan risiko penyakit kardiovaskular 17 persen lebih tinggi dan risiko kematian 18 persen lebih tinggi.

Selain itu, studi lain pada 2022 juga menyimpulkan, konsumsi telur harian yang lebih besar berbanding lurus dengan tingkat penyakit kardiovaskular dan kematian.

3. Potensi Diabetes

Bukan hanya penyakit jantung, makan telur dalam jumlah banyak setiap hari juga dapat meningkatkan risiko penyakit kronis lainnya.

Sebuah studi pada 2009 dalam jurnal Diabetes Care menemukan, orang yang makan lebih dari tujuh butir telur per minggu memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Kondisi tersebut dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit telur per minggunya.

Meski demikian, menurut penelitian lain, makan telur dalam jumlah cukup sebenarnya dapat meningkatkan kontrol gula darah serta sensitivitas insulin pada penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Berapa Banyak Telur Yang Aman Dikonsumsi Per-hari?

Jumlah telur yang aman dikonsumsi setiap hari tergantung kondisi masing-masing individu, dikutip dari laman Healthline.

Faktor-faktor seperti genetika, riwayat kesehatan keluarga, pola makan keseluruhan, serta cara mengolah telur dapat memengaruhi berapa banyak telur yang dapat dimakan.

Seseorang juga perlu mempertimbangkan jumlah kolesterol dalam asupan makanan selain telur.

Jika menerapkan pola makan rendah kolesterol, seseorang mungkin dapat lebih banyak mengonsumsi telur setiap hari.

Sebaliknya, pola makan yang relatif tinggi kolesterol atau tidak memperhatikan asupan kolesterol sebaiknya membatasi jumlah telur.

Khusus orang dewasa sehat dengan kadar kolesterol normal dan tidak memiliki faktor risiko penyakit jantung, beberapa penelitian menunjukkan 1-2 butir telur per hari aman dikonsumsi.

Penelitian kecil pada 38 orang dewasa sehat menemukan, 3 butir telur per hari meningkatkan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) sekaligus kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL).

Namun, para ahli tidak menyarankan untuk mengonsumsi lebih dari 2 butir telur per hari. Bahkan, sebagian menyarankan hanya makan 1 butir setiap hari.

Related Posts

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Melon adalah buah yang segar dan lezat yang banyak ditemukan di Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau atau kuning dengan daging berwarna oranye, putih,…

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

Ada beragam manfaat ubi jalar bagi kesehatan. Umbi-umbian ini mengandung nutrisi yang dapat melawan beragam penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui