Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

8 Jenis Makanan untuk Menambah Berat Badan yang Sehat

Untuk menambah berat badan, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang menjadi faktor yang perlu Anda perhatikan. Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda bisa mendapatkan berat badan ideal dan menjaga kesehatan tubuh. Apa sajakah makanan yang direkomendasikan untuk menambah berat badan yang sehat?

Pada dasarnya, jenis makanan yang baik untuk menambah berat badan mengandung kadar kalori dan protein yang tinggi, baik protein hewani maupun nabati. Pasalnya, protein dapat meningkatkan massa otot sekaligus meningkatkan berat badan seseorang.

Yuk temukan beberapa makanan yang direkomendasikan untuk menambah berat badan pada artikel berikut ini.

Makanan untuk Menambah Berat Badan yang Sehat

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap individu. Selain mempercantik penampilan, juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satu cara untuk memiliki berat badan ideal adalah dengan mengonsumsi makanan penambah berat badan.

Beberapa makanan penambah berat badan yang baik dikonsumsi antara lain alpukat, kentang, daging merah, dan salmon. Lihat di bawah untuk penjelasannya.

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan yang dapat membantu menambah berat badan karena kandungan kalorinya yang tinggi dan kandungan lemak yang baik. Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat 160 kalori, 2 gram protein, dan 14,7 gram lemak baik.

Oleh karena itu, untuk membantu kenaikan berat badan, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi satu buah buah alpukat secara rutin setiap hari. Alpukat ini bisa dibuat menjadi jus segar atau salad buah.

2. Daging Merah

Salah satu makanan untuk menambah berat badan yang sehat adalah daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, dan daging kambing. Daging merah matang mengandung kalori yang tinggi, yakni kurang lebih 273 kalori dalam 100 gram daging merah.

Meski demikian, sebaiknya pastikan untuk tidak mengonsumsi daging merah secara berlebihan. Pasalnya, konsumsi daging merah berlebihan meningkatkan risiko kadar kolesterol tinggi yang bisa memicu kanker usus besar.

3. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan nabati yang dipercaya mampu meningkatkan berat badan seseorang secara sehat. Padahal, kentang merupakan salah satu bagian makanan padat kalori yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk saluran pencernaan.

Banyak orang memilih kentang sebagai makanan penambah berat badan karena bisa diolah dengan cukup praktis. Untuk membuat kentang tumbuk yang enak dan bergizi, Anda hanya perlu merebus, menghancurkan, dan mencampurkan kentang dengan susu.

4. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein dan lemak baik yang dapat membantu penambahan berat badan. Selain menambah berat badan seseorang, ikan salmon juga baik untuk kesehatan otak karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya.

Untuk meningkatkan manfaat kesehatannya, Anda bisa memanggang salmon tanpa minyak atau mengukusnya dengan bumbu tambahan.

5. Susu

Susu dan produk susu, seperti yogurt dan keju, telah lama dikonsumsi sebagai makanan penambah berat badan. Susu diketahui mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik yang mampu membantu meningkatkan berat badan Anda secara signifikan.

Selain itu, susu juga diketahui memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tulang.

6. Selai Kacang

Selai kacang merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk menambah berat badan yang sehat karena kaya kalori dan lemak baik. Mengonsumsi selai kacang sangatlah mudah. Anda cukup mengoleskan selai kacang pada sepotong roti gandum sebagai camilan sehat di sela-sela jadwal makan Anda.

7. Buah Kering

Buah-buahan kering, seperti kismis dan kurma, merupakan makanan kaya kalori yang berperan penting dalam menambah berat badan. Namun buah kering juga mengandung gula dalam jumlah besar. Oleh karena itu, konsumsinya perlu dibatasi untuk mencegah risiko diabetes tipe 2.

Anda bisa mengonsumsi buah-buahan kering dengan mencampurkannya ke dalam smoothie atau yogurt untuk menyeimbangkan kandungan proteinnya.

8. Telur

Dalam 100 gram telur ayam, terdapat 154 kalori, 10,8 gram lemak, dan 12,4 gram protein. Hal ini menyebabkan telur ayam menjadi makanan yang direkomendasikan untuk menambah berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat telur dalam menambah berat badan, sebaiknya konsumsilah secara utuh. Pasalnya, kandungan kalori, lemak, dan protein pada sebutir telur lebih banyak terdapat pada kuning telurnya. Jika Anda ingin mencapai berat badan ideal secara sehat, tidak ada salahnya mencoba makanan-makanan di atas untuk menambah berat badan.

Related Posts

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Melon adalah buah yang segar dan lezat yang banyak ditemukan di Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau atau kuning dengan daging berwarna oranye, putih,…

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

Ada beragam manfaat ubi jalar bagi kesehatan. Umbi-umbian ini mengandung nutrisi yang dapat melawan beragam penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui