Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

Tips dan Cara Menambah Berat Badan yang Sehat

Berat badan ideal tentunya menjadi dambaan semua orang. Secara medis, terdapat faktor utama seseorang memiliki berat badan ideal dan sehat, antara lain keseharian konsumsi makanan, waktu dan kualitas tidur, konsumsi obat-obatan, kondisi kesehatan, dan genetik, dan aktivitas fisik.

Dalam keseharian Sahabat Bonedjello, pasti sering mendengar keluhan banyak orang yang mengalami kegemukan. Padahal, masalah berat badan juga dialami oleh orang dengan nilai BMI (Body mass index) rendah. Skor BMI sendiri diukur berdasarkan usia dan tinggi badan.

Menurut penelitian, skor BMI yang berada pada nilai dibawah 18.5 menjadi tanda bahwa Anda kekurangan berat badan. Sedangkan skor BMI badan ideal adalah antara 18,5-24,9.

Tentunya, Mitra Keluarga secara medis punya solusi berupa tips dan cara menambah berat badan yang sehat. Yuk, intip info selengkapnya berikut ini!

Cara menambah berat badan yang sehat

Untuk menambah berat badan, Sahabat Bonedjello memang melakukan strategi yang berbeda dengan menurunkan berat badan. Lebih jauh, berikut ini adalah penjelasan cara menambah berat badan:

1. Surplus kalori

Proses penambahan berat badan dapat sukses dan tercapai apabila Sahabat Bonedjello melakukan surplus kalori. Artinya, Anda perlu meningkatkan asupan kalori harian.

Untuk progres menambah berat badan dengan waktu yang Anda bisa nikmati, menambah 300-500 kalori pada setiap jadwal makan memberikan hasil yang efektif. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa menambah 700-1.000 kalori dalam menu makan.

Meskipun menambah asupan kalori, bukan berarti Sahabat Bonedjello bebas makan apa saja secara sembarang. Nutrisi dalam makanan juga perlu diperhatikan agar tubuh Anda tetap sehat.

2. Meningkatkan konsumsi protein

Protein berfungsi untuk membangun pertumbuhan tulang dan meningkatkan massa otot. Meningkatkan konsumsi protein juga dianjurkan dalam menambah berat badan. Secara medis, konsumsi protein dengan tujuan menambah berat badan diperlukan sebanyak 1-1,6 gram per kilogram berat badan per hari.

Untuk Sahabat Bonedjello yang ingin menambah berat badan, namun punya kebiasan sulit makan, suplemen tambahan seperti whey protein juga sangat membantu dalam pemenuhan nutrisi protein dan membangkitkan nafsu makan.

3. Meningkatkan asupan karbohidrat dan lemak

Selain protein, Anda bisa meningkatkan jumlah asupan makanan tinggi karbohidrat dan lemak, jika memang fokus untuk menambah berat badan. Jangan lupa untuk menjaga pola makan bergizi seimbang untuk memenuhi nutrisi mikronutrien.

4. Menambah asupan padat energi

Makanan dengan padat energi, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, susu, sampai coklat dengan kandungan lemak baik sangat membantu dalam membentuk energi dengan kalori yang tinggi. Akan tetapi, makanan padat energi ini mudah mengenyangkan. Untuk meningkatkan nafsu makan, cobalah untuk menambah bumbu atau topping agar rasa makanan lebih kuat, membuat Anda ingin menambah porsi makan.

Sahabat Bonedjello dapat menerapkan gaya hidup makan ini di rumah. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar menu makanan yang dapat menambah berat badan, konsultasikan dengan Dokter Gizi Klinik Mitra Keluarga.

Tips Menambah Berat Badan Sehat

Untuk menambah berat badan, fokus utama Anda adalah menambah porsi asupan makan. Akan tetapi, makanan dan nutrisi saja tidak cukup, lho! Perlu diperhatikan juga secara penuh bagaimana keseharian Anda.

Untuk itu, Mitra Keluarga memberikan tips untuk menambah berat badan dengan sehat:

  1. Makan dengan porsi sedikit, namun sering. Sahabat Bonedjello bisa menambah cemilan sehat untuk menambah kalori.
  2. Sempatkanlah untuk mengonsumsi minuman berkalori tinggi, misalnya milkshake. 
  3. Tetap patuh pada pola makan bergizi seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan susu. Jangan tinggalkan sayur dan buah dalam menu makan.
  4. Lakukan olahraga untuk membangun massa otot, misalnya angkat beban, yoga, pilates. Olahraga juga membuat Anda lebih cepat lapar dan membangun nafsu makan.
  5. Meskipun makanan tinggi lemak dan gula mampu mendongkrak berat badan dengan cepat, batasi konsumsinya untuk mencegah diabetes.
  6. Tidur cukup untuk membantu pembentukan massa otot.
  7. Hindari minum sebelum makan. Hal ini membuat Sahabat Bonedjello cepat kenyang.
  8. Hindari merokok.

Related Posts

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Masker jeruk nipis memang belum seterkenal masker lidah buaya atau masker putih telur. Padahal, masker jeruk nipis pun tidak kalah bermanfaat untuk kulit wajah berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Agar…

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Banyak orangtua yang tidak menyadari jika anaknya sedang mengalami masalah terkait kesehatan mental. Jika kondisi ini dibiarkan, sesuatu yang berbahaya bisa saja terjadi, seperti bunuh diri. Namun, masih banyak alasan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Rutin Dikonsumsi

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Masker Jeruk Nipis, Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Remaja

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

7 Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

Berapa‌ ‌Batas‌ ‌Wajar‌ ‌Konsumsi‌ ‌Gula‌ ‌dalam‌ ‌Sehari?‌ ‌

Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

Ketahui 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui