Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

5 Olahraga untuk Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

5 Olahraga untuk Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain meningkatkan kebugaran tubuh, memangkas lingkar pinggan, menyehatkan jantung hingga meningkatkan suasana hati. Namun, tahukah kamu bahwa aktivitas fisik tersebut juga baik untuk meningkatkan fungsi paru-paru?

Ketika kamu berolahraga, jantung dan paru-paru akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot. Nah, bila dilakukan secara rutin, olahraga bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan membuatnya bekerja lebih efisien, termasuk untuk memasukkan oksigen dan membuang karbon dioksida.

Lantas, olahraga apa saja yang baik untuk paru-paru? Yuk, cari tahu di sini!

Pilihan Olahraga yang Bisa Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Berikut adalah jenis olahraga yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru:

1. Aerobik

Aerobik berperan penting dalam meningkatkan kapasitas paru-paru dengan membuat banyak otot dalam tubuh bergerak dengan kecepatan ritmis. Jenis olahraga ini bisa memperkuat jantung dan paru-paru, serta berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan begitu, tubuh bisa menggunakan oksigen dengan lebih efisien dan juga meningkatkan pernapasan kamu.

Contoh olahraga aerobik yang baik untuk meningkatkan fungsi paru-paru, antara lain:

  • Jalan kaki.
  • Berlari.
  • Lompat tali.
  • Bersepeda statis.

2. Berenang

Berenang juga sudah dikenal sebagai olahraga yang baik untuk paru-paru, karena bisa membuat paru-paru lebih besar dan lebih efisien dalam memproses udara.

Manfaat berenang tersebut dibuktikan dari sebuah studi tahun 2015 yang membandingkan volume paru-paru perenang dengan subjek kontrol yang tidak banyak bergerak dan pemain sepak bola elite.

Saat berenang, kamu secara tidak langsung melakukan latihan pernapasan, karena kamu harus mengambil banyak oksigen, menahannya, lalu melepaskannya kembali. Nah, hal inilah yang bermanfaat untuk melatih dan meningkatkan fungsi paru-paru, sehingga bisa bekerja lebih efisien.

3. Latihan kardio

Selain berenang, ada juga beberapa latihan kardio lainnya yang baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Beberapa latihan tersebut, antara lain berlari, joging, atau olahraga dengan alat berat di gym.

Latihan kardio bisa meningkatkan kapasitas paru-paru berlipat ganda karena ketika kamu melakukan latihan yang berat dan cepat, paru-paru harus bekerja lebih keras mengambil oksigen. Hal itu pada akhirnya akan membuat organ tersebut lebih kuat dan juga meningkatkan kapasitasnya.

4. Pilates

Tidak hanya bisa membangun kekuatan inti tubuh dan memperbaiki postur tubuh, pilates juga merupakan olahraga yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru.

Menurut sebuah studi, olahraga yang satu ini efektif dalam meningkatkan kapasitas dan ekspansi dada, serta volume paru-paru. Hal itu karena pilates bekerja melalui pusat kekuatan, yang terdiri dari otot perut dan otot gluteus lumbar, yang akan bertanggung jawab atas stabilisasi tubuh yang berhubungan dengan pengendalian napas.

Sudah diamati bahwa olahraga tersebut bisa meningkatkan aktivasi otot perut. Nah, otot-otot tersebut penting dalam pernapasan, baik dalam ekspirasi maupun inspirasi melalui aksi diafragma.

Saat kamu sering berlatih pilates, kamu bisa memperkuat otot perut yang bisa membantu meningkatkan fungsi pernapasan. Pada akhirnya, ini mengarah pada peningkatan volume dan kapasitas paru-paru.

5. Latihan pernapasan

Selain pilates, latihan pernapasan yang menggunakan perut juga bisa memperkuat dan membersihkan paru-paru. Caranya cukup mudah, mulailah dengan berbaring telentang, lalu letakkan satu tangan di perut dan tangan lainnya di dada.

Kemudian, ambilah napas secara perlahan dan dalam, sehingga memungkinkan diafragma untuk mengembang. Tahan napas selama beberapa detik, lalu buanglah secara perlahan.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini selama lima menit sambil berbaring santai dan mata tertutup.

Itulah beberapa olahraga yang bisa kamu coba lakukan untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *