Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

10 Manfaat Bermain Basket Untuk Kesehatan dan Mental

10 Manfaat Bermain Basket Untuk Kesehatan dan Mental

Bonedjello.com – Ada berbagai manfaat bermain bola basket bagi kesehatan fisik maupun mental. Mulai dari menjaga kestabilan tubuh, meningkatkan kekuatan tulang serta otot, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya, permainan tersebut kerap dijadikan sebagai rekomendasi olahraga untuk anak maupun dewasa.

Pasalnya, bukan hanya sekadar membawa kesenangan, bermain basket juga bisa sekaligus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai apa manfaat bermain bola basket, yuk simak artikel berikut ini sampai habis!

Tujuan Permainan Bola Basket

Basket pada dasarnya merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan 5 orang selama 4 kuarter. Ada juga yang bermain dengan setengah lapangan, dengan tiga orang setiap timnya. Ini disebut dengan 3×3 basket.

Tujuan permainan bola besar satu ini ialah memperoleh poin sebanyak mungkin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan.

Bersamaan dengan itu, Anda juga harus mencegah tim lawan mencetak angka. Nantinya, tim yang memiliki poin terbanyak merupakan pemenangnya.

Untuk itu, Anda perlu menguasai setiap gerakan dasarnya, seperti dribble, shooting, atau pivot. Seluruh gerakan tersebut harus dilakukan dengan cepat guna melakukan pertahanan dan penyerangan.

Bola basket pertama kali diperkenalkan oleh Dr. James A. Naismith di Amerika. Seiring berjalan waktu, basket terus berkembang hingga kini menjadi cabang olahraga modern.

Manfaat Bermain Bola Basket

Lalu, apa manfaat bermain bola basket? Berikut beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan Koordinasi dan Kestabilan Tubuh

Manfaat bermain basket yang pertama adalah meningkatkan koordinasi dan kestabilan tubuh.

Pasalnya, selama permainan, Anda harus mempertahankan kestabilan tubuh sekaligus mengkoordinasikan setiap gerakan dengan cepat.

Olahraga ini juga mendorong Anda menggunakan menggunakan keterampilan motorik, seperti menggiring, mengoper, serta melempar bola sambil melompat dan mengubah arah tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat bermain bola basket berikutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Ya, penelitian menunjukkan bahwa olahraga tim satu ini memberikan dampak baik bagi kekuatan tulang Anda.

Bagaimana tidak, Anda terus berlompat dan berlari sepanjang permainan. Hal ini melatih kekuatan otot hingga membuat tulang menjadi lebih padat.

3. Memperkuat Ketahanan Otot

Selain meningkatkan kesehatan tulang, manfaat olahraga basket juga diketahui bisa memperkuat ketahanan otot.

Secara mendasar, olahraga ini memerlukan stamina, kekuatan serta kecepatan. Sebab, Anda harus bergerak dengan gesit dengan ketahanan otot yang kuat.

Bila melatihnya secara rutin, Anda bisa meningkatkan stamina dan performa fisik tubuh menjadi lebih baik setiap harinya.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat bermain bola basket lainnya adalah menurunkan berat badan dengan efektif.

Sebab, gerakan yang cepat selama permainan seperti berlompat dan berlari membuat tubuh membakar kalori lebih banyak pula.

Pada seseorang dengan berat badan 75 kg, kalori bisa terbakar hingga 600 kkal [1]. Sementara, pada orang dengan berat 113 kg akan membakar 900 kalori dalam satu jam permainan [1].

5. Menambah Tinggi Tubuh

Di samping menurunkan berat badan, manfaat bermain bola basket juga dikenal bisa membantu menambah tinggi tubuh.

Mengingat ring basket terletak sekitar 3 meter dari tanah, Anda pun harus melompat agar bisa memasukkan bola ke dalam ring tersebut.

Proses melompat selama bermain inilah yang membantu membuat badan Anda jadi cepat tinggi.

Terlebih lagi, kelincahan gerakan dalam permainan melatih kekuatan otot pada kaki Anda.

Hal ini diketahui mampu memicu tulang memanjang dengan cepat, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

6. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat bermain bola basket yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan kardiovaskular.

Permainan dengan intensitas tinggi di mana Anda berlari dan bergerak begitu cepat tentu membuat jantung berdetak lebih cepat. Lemak-lemak dalam tubuh pun akan terbakar, sehingga mencegah penyakit metabolik.

Hal tersebut juga dinilai baik bagi kesehatan jantung dan mampu mencegah stroke ataupun penyakit-penyakit jantung lainnya di masa mendatang.

7. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Tahukah Anda, manfaat bermain bola basket bagi mental adalah menumbuhkan rasa percaya diri.

Sebab, basket merupakan olahraga beregu di mana Anda harus bisa saling mendukung dan memotivasi teman satu tim.

Anda akan terbiasa berada dalam kelompok dan harus siap mendengarkan kritik demi keberhasilan tim. Inilah yang kemudian menumbuhkan rasa percaya diri.

8. Meredakan Stres

Seperti olahraga lainnya, basket juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres.

Aktivitas fisik semacam ini diketahui dapat memicu hormon endorfin .yang kemudian membuat seseorang jadi lebih rileks sekaligus merasa senang.

9. Melatih Sikap Sportif

Ketika Anda bertanding, Anda wajib bermain secara adil dan mengutamakan sikap sportif terhadap tim lawan.

Anda juga harus bisa menerima kekalahan dengan lapang dada dan menghargai kemenangan atau keberhasilan orang lain. Ini merupakan bagian penting dalam permainan.

10. Menjaga Kestabilan Emosi

Manfaat bermain bola basket yang terakhir adalah menjaga kestabilan emosi. Ya, seperti dijelaskan sebelumnya, olahraga beregu ini melatih Anda menghargai orang lain.

Anda harus bisa menerima kritik maupun kesalahan selama bermain tanpa harus melibatkan emosi, berpikir sebelum bertindak, dan siap mendengarkan pendapat orang lain.

Secara tidak langsung, kestabilan emosi ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda nantinya.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa manfaat bermain bola basket? Sebelum bertanding, pastikan Anda selalu melakukan pemanasan lalu pendinginan setelahnya.

Jangan lupa selalu bawa air putih agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi selama berolahraga.

Pasalnya, tubuh Anda akan kehilangan lebih banyak cairan ketika Anda bermain dan harus segera diganti dengan memperbanyak minum air putih.

Anda dianjurkan minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter dalam sehari guna mencegah dehidrasi yang dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *