Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

8 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

8 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Berenang merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dan diminati, terlebih manfaat olahraga renang juga cukup banyak bagi kesehatan tubuh dan mental.

Salah satu manfaat berenang adalah melatih otot tubuh hingga menghilangkan stres, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Anda yang gemar berenang namun belum mengetahui apa manfaat berenang, yuk simak artikel berikut ini.

Mengenal Olahraga Renang 

Renang merupakan salah satu cabang olahraga akuatik, di mana kecepatan gerakan kaki dan tangan menjadi kunci utamanya agar tubuh tetap mengapung.

Manfaat berenang cukup beragam, hingga olahraga ini menjadi salah satu olahraga populer di seluruh dunia.

Menariknya, olahraga ini dapat dilakukan oleh semua usia, bahkan mulai dari bayi. Anda pasti sering melihat seorang bayi sudah berlatih renang bukan?

Berenang juga termasuk olahraga air yang cukup menyegarkan, sehingga sangat cocok dilakukan di musim panas.

Salah satu manfaat renang bagi tubuh adalah meningkatkan metabolisme, sehingga bantu tubuh membakar kalori lebih banyak.

Sehingga, olahraga ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Manfaat Berenang bagi Tubuh dan Mental

Selain meningkatkan metabolisme, renang diketahui dapat membantu memperbaiki masalah postur tubuh sekaligus melatih ketahanan otot.

Namun, tidak hanya sampai disitu, manfaat berenang adalah hal yang tak boleh terlewatkan, karena bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga mental.

Pasalnya, renang juga berguna sebagai pengalihan dari stres. Untuk manfaat renang selengkapnya akan dibahas berikut ini.

1. Membangun Massa Otot

Manfaat renang yang pertama adalah membangun massa otot, hal ini karena dalam gerakan renang, hampir seluruh otot tubuh bergerak melawan tekanan air

Dari situlah, kekuatan dan kelenturan massa otot tubuh terlatih. Renang juga baik dilakukan untuk mengecilkan betis dan membuatnya lebih kencang.

2. Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, manfaat berenang adalah menurunkan berat badan. Diketahui bahwa berenang selama satu jam mampu membakar sekitar 400-700 kalori, tergantung pada intensitas renang yang dilakukan.

Nah, bagi Anda yang sedang dalam masa diet dan ingin menurunkan berat badan lebih cepat, maka bisa menjadikan renang sebagai pilihan olahraga rutin.

Selain itu, manfaat berenang bagi tubuh adalah mengurangi jaringan lemak di perut sehingga dapat membantu mengecilkan perut.

3. Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Meski tidak seberat ketika Anda berlari atau senam aerobik, namun manfaat berenang adalah setara dengan olahraga kardio lainnya.

Jenis olahraga ini akan membantu melancarkan aliran oksigen dan darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.

Hal tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa perenang cenderung mempunyai paru-paru lebih sehat dibandingkan atlet lain.

4. Mengendalikan Stres 

Tidak hanya untuk kebugaran jasmani saja, tetapi yang dapat Anda peroleh dari manfaat berenang adalah kesehatan mental.

Pasalnya, berenang terbukti mampu memperbaiki suasana hati serta menurunkan risiko stres dan depresi. Selain itu, manfaat renang juga dapat memperlambat demensia hingga penurunan fungsi berpikir.

Bagi pengidap gangguan kecemasan dan depresi, renang diketahui dapat membantu mengurangi gejala stres dan membuat pikiran lebih tenang jika dilakukan secara rutin.

5. Mengatasi Saraf Kejepit

Saraf kejepit merupakan kondisi yang cukup mengganggu dan dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Akibatnya, pengidap saraf kejepit tidak bisa banyak bergerak dan lebih sering beraktivitas di tempat tidur, di mana hal ini justru dapat melemahkan otot.

Nah, salah satu manfaat berenang adalah untuk mengatasi saraf kejepit. Gerakan dalam renang dapat membuat tulang belakang dan otot-otot punggung lebih rileks.

Anda dapat berkonsultasi dengan pelatih atau dokter guna mendapatkan saran mengenai gaya berenang yang tepat.

6. Mengurangi Nyeri Sendi

Renang termasuk olahraga yang dianjurkan bagi pengidap arthritis, karena olahraga ini dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi.

Dalam penelitian lain juga ditemukan bahwa pengidap osteoporosis yang berenang dengan rutin mengalami penurunan nyeri sendi.

7. Mengatasi Insomnia

Renang termasuk salah satu jenis olahraga tersebut dapat menjadikan tubuh lebih bugar dan membuat tidur lebih nyenyak, sehingga cocok untuk mengatasi insomnia.

Rutin berenang akan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hal tersebut karena, berenang dapat mengurangi stres yang sering kali dapat menyebabkan insomnia.

8. Baik bagi Penderita Asma

Selanjutnya, manfaat berenang adalah meningkatkan kapasitas paru-paru dan melatih mengontrol pernapasan.

Dengan begitu, olahraga ini sangat baik bila dilakukan secara rutin oleh penderita asma untuk melatih pernapasan.

Namun, hal ini perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter, pasalnya beberapa studi menyebutkan bawah kolam renang yang mengandung kaporit justru dapat memicu asma.

Seperti yang sudah dijelaskan, manfaat berenang adalah hal yang sangat sayang dilewatkan. Karena itu, tidak ada salahnya Anda rutin melakukan olahraga renang 2-3 kali seminggu.

Rutin berenang akan membantu Anda menjaga kesehatan, terlebih melatih otot yang dapat melemah seiring berjalannya usia.

Selain berolahraga, menjaga kesehatan juga dapat dimaksimalkan dengan rutin melakukan medical check up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *