Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Malam dan Risikonya

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Malam dan Risikonya

Olahraga malam adalah aktivitas yang berguna untuk meningkatkan aktivitas enzim dan otot dalam tubuh. Kegunaan lainnya, yakni merelaksasi tubuh setelah seharian bekerja.

“Olahraga malam sebaiknya dilakukan pada jam 6 sore hingga 8 malam. Manfaatnya mulai dari meredakan stres hingga meningkatkan kualitas tidur seseorang.”

Waktu terbaik untuk berolahraga di malam hari adalah antara pukul 18.00 hingga 20.00. Di jam ini, suhu tubuh sedang berada di puncaknya. Di suhu tersebut juga, otot sedang berada dalam kondisi yang sangat fleksibel.

Meski menyehatkan, olahraga malam sebaiknya tidak dilakukan pada satu sampai satu setengah jam sebelum tidur. Sebab, aktivitas tersebut justru bisa mengganggu jam tidur dan memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Manfaat Olahraga Malam Hari Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat berolahraga di malam hari, antara lain:

1. Menurunkan kadar stres dalam tubuh

Berolahraga di malam hari secara rutin secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar stres dalam tubuh. Aktivitas tersebut memicu produksi hormon endorfin yang memberikan rasa tenang di otak.

2. Menenangkan dan menjernihkan pikiran

Berolahraga di malam hari efektif menenangkan dan menjernihkan pikiran. Cara ini dapat membantu menghilangkan semua kekhawatiran dan rasa cemas dalam otak, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

3. Mengatasi ketegangan tubuh

Duduk dalam waktu yang lama dapat memicu kaku pada otot leher, bahu, punggung, dan pinggul. Untuk mengatasinya, disarankan untuk melakukan peregangan di malam hari. Cara ini juga dapat memberikan efek relaks, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi pengidap insomnia, berolahraga malam sebelum tidur efektif meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas ini membuat tidur malam hari menjadi lebih nyenyak dan bangun tidur di pagi hari jadi lebih segar.

5. Meningkatkan gairah seksual

Setelah seharian bekerja, kebanyakan pasangan mengalami penurunan gairah seksual. Alasannya karena terlalu lelah dan stres. Namun, dengan berolahraga di malam hari, peredaran darah jadi lebih lancar. Langkah ini efektif meningkatkan energi dalam tubuh. Dengan begitu, aktivitas berhubungan intim sepulang kerja menjadi lebih menyenangkan.

Manfaat lainnya yakni, mencegah disfungsi ereksi pada pria. Sementara bagi wanita, berolahraga di malam hari efektif meningkatkan gairah berhubungan seksual.

Risiko Dibalik Berolahraga di Malam Hari

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, berolahraga di malam bisa menyebabkan susah tidur. Kondisi tersebut terjadi jika olahraga dilakukan menjelang waktu tidur. Alasannya, yakni peningkatan suhu dan metabolisme tubuh setelah berolahraga.

Karena alasan tersebut, tidak disarankan berolahraga satu jam sebelum tidur, terutama aktivitas dengan intensitas tinggi, seperti aerobik atau angkat beban. Sebaiknya lakukan yoga, peregangan tubuh, bersepeda, atau berjalan santai.

Selain berolahraga, disarankan untuk menghindari kafein dan alkohol, serta tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan. Langkah ini dapat membantu menjaga kualitas tidur dan meminimalisir risiko terbangun saat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *