Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

10 MANFAAT OLAHRAGA SKIPPING DAN TIPS MELAKUKANNYA

10 MANFAAT OLAHRAGA SKIPPING DAN TIPS MELAKUKANNYA

Pernah melihat anak-anak bermain lompat tali? Lompat tali atau skipping mungkin memang lebih dikenal sebagai permainan anak-anak daripada bentuk olahraga.

Padahal, meski terlihat sederhana dan mudah dilakukan, manfaat olahraga skipping bagi kesehatan tidak main-main, lho.

Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana. Hanya perlu sebuah tali skipping, atau bisa juga menggunakan tali tambang, dan ruang yang cukup, kita sudah dapat melakukan olahraga ini.

Penasaran apa saja manfaat olahraga skipping bagi tubuh? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Apa Itu Skipping?

Skipping, lompat tali, atau jump rope. Ketiga istilah tersebut pada dasarnya adalah sama. Sesuai dengan namanya, skipping artinya melewati. Gerakan dalam skipping mengharuskan kita melewati tali yang diayunkan dengan cara melompatinya.

Permainan skipping atau lompat tali umumnya dilakukan sendiri, yakni dengan masing-masing tangan memegang ujung tali kemudian diayunkan melingkari tubuh sambil melompat menghindari tali yang melewati bagian bawah kaki.

Namun main lompat tali juga bisa dimainkan secara berkelompok, lho. Permainan lompat tali kelompok dimainkan minimal oleh tiga orang, dengan dua orang masing-masing memegang ujung tali dan satu orang melompat.

Jika dimainkan oleh lebih dari tiga orang, selain dua orang yang memegang tali bisa menjadi pelompat dan harus melompat bersamaan. Saat dimainkan berkelompok lompat tali bisa lebih menyenangkan.

Apa Manfaat Olahraga Skipping?

Meski sering dijadikan permainan oleh anak-anak, lompat tali tidak hanya untuk anak-anak. Siapa pun boleh bermain dan berlatih lompat tali dan merasakan manfaatnya. Apa saja itu?

1. Membakar kalori

Yang pertama, manfaat skipping adalah untuk membakar kalori sehingga olahraga ini cocok untuk menurunkan berat badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan lompat tali selama 10 menit dapat membakar kalori hingga 25% lebih banyak dibandingkan joging.

2. Melatih otot kaki

Gerakan melompat pada olahraga skipping baik untuk melatih otot tubuh bagian bawah, termasuk betis dan paha, agar lebih kuat dan kencang.

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Olahraga skipping melibatkan koordinasi lengan, kaki, dan dada untuk menjaga ritme gerakan tetap konstan. Gerakan melompat ke atas secara berulang dengan cepat juga membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik.

4. Melatih fokus

Skipping membutuhkan koordinasi banyak bagian tubuh secara bersamaan sehingga otak juga harus berpikir cepat. Ini membuat loncat tali melatih kemampuan anak dalam koordinasi, stamina, dan fokus.

5. Menjaga kesehatan jantung

Lompat tali termasuk olahraga kardio terbaik yang tepat untuk kesehatan jantung dan jantung yang sehat akan menjauhkan penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

6. Menjaga kesehatan mental dan pikiran

Saat melakukan skipping, tubuh dan pikiran akan bersinkronisasi, menghasilkan energi positif yang baik untuk menghilangkan stres dan depresi.

Olahraga skipping juga akan mendorong produksi endorfin dalam tubuh, serta melancarkan peredaran darah ke otak yang akan mengurangi stres.

7. Menguatkan tulang

Skipping adalah olahraga yang akan memberi tekanan pada tulang sehingga tubuh akan bereaksi dengan membangun tulang yang lebih padat dan kuat.

Pada anak-anak dan remaja, skipping juga membantu lempeng pertumbuhan untuk tumbuh sehingga menambah tinggi badan.

8. Melatih pernapasan

Gerakan melompat saat skipping merupakan cara yang baik untuk meningkatkan pernapasan dan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Ini membantu meningkatkan asupan oksigen dan energi.

9. Menyehatkan kulit

Skipping akan meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Tubuh juga dapat membuat racun dari dalam tubuh lebih cepat melalui keringat sehingga kulit akan tampak lebih bercahaya.

10. Meningkatkan kesehatan seluruh tubuh

Gerakan skipping walaupun sederhana namun melatih seluruh anggota tubuh, menyehatkan jantung, menguatkan tulang, melatih pernapasan, hingga menenangkan pikiran.

Tips Olahraga Skipping

Manfaat olahraga skipping akan dapat lebih optimal dirasakan tubuh jika dilakukan dengan cara yang tepat. Lalu, bagaimana cara melakukan permainan lompat tali yang baik dan benar? Ini tipsnya:

  • Lakukan lompatan dengan berjinjit. Melompatlah menggunakan bagian depan telapak kaki seperti berjinjit. Mendarat dengan lembut tanpa tumit menyentuh tanah.
  • Jangan melompat terlalu tinggi. Tingginya lompatan bukan hal utama saat skipping. Cukup melompat agar tali bisa melewati kaki. Melompat terlalu tinggi akan mengganggu ritme dan lebih cepat lelah.
  • Jangan berlebihan menggerakkan tangan. Saat mengayunkan tali gunakan pergelangan tangan, sehingga tidak perlu terlalu banyak menggerakkan lengan.
  • Perhatikan panjang tali skipping. Perhatikan tali agar tidak terlalu panjang maupun pendek karena akan menyulitkan saat diayunkan.
  • Perhatikan ritme. Tidak perlu terburu-buru dalam lompat tali. Kita bisa mengatur seberapa cepat ayunan tali dan lompatan sesuai kemampuan.
  • Aktif bergerak, salah satunya dengan olahraga skipping sangat baik untuk kesehatan. Namun di samping itu, kita juga perlu menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain melalui makanan dan minuman bergizi, kita juga bisa minum MILO Activ-GO yang memiliki kandungan utama dari susu, ekstrak malt, gula, dan coklat. Diperkaya dengan 6 vitamin dan 3 mineral untuk bantu mengoptimalkan pelepasan energi lebih tahan lama dan mendukung anak terus aktif menjalani hari.

Itulah ulasan seputar olahraga skipping. Meski terlihat sederhana, pada kenyataannya ada banyak manfaat olahraga skipping yang bisa dirasakan. Jadi, sudah tertarik untuk mulai rutin melakukan skipping?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *