Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

5 Olahraga yang Melatih Otot Perut agar Kencang

5 Olahraga yang Melatih Otot Perut agar Kencang

Bonedjello.com, Bila Anda mengimpikan perut yang kencang atau berbentuk, penting bagi Anda untuk menerapkan olahraga yang melatih otot perut dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk mengencangkan otot perut. Penasaran apa saja jenisnya? Simak artikel berikut ini!

Manfaat Olahraga Perut bagi Kesehatan

Setiap bentuk olahraga memiliki manfaatnya masing-masing, begitu pun dengan olahraga untuk otot perut. Olahraga ini tidak hanya melatih otot perut agar kencang, namun juga memperbaiki kesehatan secara umum. Berikut penjelasan lengkap manfaat olahraga perut untuk kesehatan

1. Membentuk Otot Perut

Dikutip dari ispo.com, olahraga dengan sasaran areal perut ini tentunya dapat melatih otot agar kencang. Perut rata dan six-pack dianggap sebagai lambang tubuh atletis dab menjadi motivasi terbesar untuk latihan. Hal sama berlaku pada wanita yang ingin pinggang ramping dan otot perut terlihat tegas.

2. Memperbaiki Pencernaan

Gerakan yang ditargetkan dari saluran usus ke bawah otot perut merangsang metabolisme dan pencernaan. Hal ini mencegah konstipasi atau masalah lainnya yang berkaitan dengan buang air besar. Perut kembung juga dapat diobati dengan baik dengan latihan otot perut.

3. Baik untuk Kesehatan

Secara umum, olahraga yang melatih otot perut agar kencang sangat baik untuk kesehatan. Rajin olahraga mampu mencegah serangan penyakit tidak menular misal diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan gangguan jantung serta pembuluh darah akibat gaya hidup.

Selain dampak baik untuk tubuh, olahraga untuk melatih otot perut agar kencang menyimpan manfaat lain yaitu:

1. Latihan yang Sederhana

Melatih otot perut tidak memerlukan pengetahuan atau peralatan latihan tingkat tinggi. Namun, untuk efek dari latihan yang lebih tinggi, olahraga yang melatih otot perut harus dilakukan berulang dengan cara ditegangkan selama latihan.

2. Menyenangkan

Latihan otot perut bisa bervariasi dan menyenangkan karena jenisnya tidak selalu harus sit-up. Otot perut dapat dilatih dengan lembut selama olahraga ketahanan, seperti jogging, bersepeda atau berenang. Anda dapat melakukannya dengan tarian diiringi musik juga.

3. Dapat Dikombinasikan dengan Olahraga Lain

Olahraga yang melatih otot perut bisa digabung dengan latihan lain, misalnya yoga dan pilates. Hasilnya tubuh menerima lebih banyak manfaat seputar pengurangan berat badan, peningkatan stamina, otot perut kencang, serta penampilan fisik yang baik.

4. Dapat Berjalan Tiap Saat

Tidak perlu menentukan waktu khusus untuk latihan otot perut agar lebih kencang. Olahraga bisa dilakukan tiap saat dengan teratur, benar, dan sesuai tahapan sehingga berdampak baik untuk tubuh.

Jenis Olahraga yang Melatih Otot Perut Supaya Kencang

Dokter spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto, SpKO menjelaskan ada beberapa jenis olahraga yang bisa membantu otot perut makin kencang. Olahraga ini berupa latihan otot dan beban sesuai tujuan untuk mengencangkan otot perut.

“Latihan khusus perut melibatkan otot di bagian tersebut dan counterpartnya otot pinggang, supaya tidak cedera,” ujar dr Michael yang praktik di RS Mitra Keluarga Kemayoran-Jakarta Pusat, saat dihubungi detikcom pada Jumat (4/11/2022).

Beberapa jenis olahraga yang bisa melatih otot perut supaya kencang adalah:

1. Sit up

Menurut dr Michael, sit up adalah olahraga yang memang untuk melatih atau mengencangkan otot perut. Sit up saat ini kerap disebut crunch.

2. Reverse crunch

Latihan ini adalah kebalikan dari sit up atau crunch. Reverse crunch biasanya dipilih saat gerakan sit up tidak bisa dilakukan hingga berisiko cedera.

3. Russian twist

Gerakan russian twist dilakukan dengan menggerakkan tubuh ke kanan dan kiri. Model gerakan ini melatih otot perut hingga bisa lebih kencang.

Selain contoh latihan yang dijelaskan dr Michael, berikut gerakan lain yang bisa melatih otot perut:

1. Bench crunch

Dikutip dari Live Strong, latihan ini menggunakan bangku latihan beban (bench) yang biasa ada di gym. Bentuk latihan bench crunch membantu pembentukan otot perut makin kencang dan terlihat jelas.

2. Bicycle crunch

Dalam situs healthline dijelaskan, bicycle crunch adalah modifikasi dari gerakan dasar. Bicycle crunch dilakukan dengan menggerakkan kaki layaknya tengah bersepeda.

Gerakan Latihan untuk Membentuk Otot Perut

1. Sit up

a. Berbaring dengan kedua lutut dilipat

b. Kemudian, tubuh bagian depan (dada) berusaha mendekati lutut

c. Gerakan ini dilakukan dengan posisi tubuh diangkat.

2. Reverse sit up

a. Posisi sama dengan sit up

b. Selanjutnya lutut bergerak mendekati dada, kebalikan saat melakukan crunch

c. Tubuh tetap diangkat untuk melatih otot perut rectus abdominis.

3. Russian twist

a. Posisi tubuh duduk di lantai seperti hendak crunch

b. Tangan berada di depan dada sambil memegang bola, yang biasanya adalah medicine ball

c. Selanjutnya tubuh digerakkan ke kanan dan kiri

d. Gerakan ini bisa dilakukan sambil berdiri, dengan posisi tangan lurus sambil memegang bola atau peralatan olahraga lain.

4. Bench crunch

a. Berbaring mendatar pada bench dan angkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat. Posisikan tangan tepat di belakang kepala

b. Kaki harus tetap terangkat saat tubuh melakukan crunch. Kepala dan leher bangun dari bench hingga terasi kontraksi pada otot perut

c. Tahan posisi tersebut hingga dua kali hitungan sebelum kembali berbaring di bench. Gerakan ini bisa diulang 10-15 kali.

5. Bicycle crunch

a. Berbaring pada matras dengan posisi tangan tepat di belakang kepala. Kemudian angkat kepala, leher, dan bahu dari matras

b. Angkat lutut hingga bertemu dada. Selanjutnya, siku tangan bergantian menyentuh lutut. Siku kanan menyentuh lutut kiri dengan posisi kepala, leher, dan dada yang tdiak menyentuh matras

c. Kaki yang tidak menyentuh siku harus dalam posisi lurus. Rotasi posisi kaki dan siku ini dikakukan hingga 12-16 kali.

Selain olahraga, dr Michael juga mengingatkan pentingnya menjaga intake atau asupan tubuh. Asupan inilah yang memberi energi hingga tubuh bisa melakukan olahraga yang melatih otot perut agar kencang.

“Latihan terus tapi makan tidak cukup maka otot tidak bisa dibentuk. Berat badan turun tapi otot nggak kenceng. Makan harus cukup supaya massa otot terbentuk,” kata dr Michael.

Olahraga harus dilakukan dengan baik, benar, dan teratur sehingga bukan asal digerakkan. Menurut dr Michael, olahraga harus dilakukan sesuai kaidah yang benar. Olahraga diawali pemanasan, pendinginan, tidak memaksakan diri, dan dengan pakaian yang nyaman.

Tips Sebelum Memulai Olahraga Perut agar Tidak Cedera

Penerapan olahraga yang tidak tepat berisiko menyebabkan cedera. Berikut beberapa tips sebelum memulai olahraga untuk mengantisipasi cedera dikutip dari betterhealth.vic.gov.au:

  • Gunakan skrining pra-olahraga untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya masalah kesehatan selama aktivitas fisik.
  • Pertimbangkan teknik yang digunakan dengan kondisi pribadi, seperti mengecek riwayat cedera dan tingkat kebugaran.
  • Meminta panduan dari instruktur kebugaran yang berkompeten. Jika memiliki cedera atau kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, seperti ahli fisiologi olahraga atau fisioterapis.
  • Mendiskusikan rencana olahraga dengan dokter bagi perempuan hamil karena kehamilan menyebabkan banyak perubahan tubuh.
  • Hindari meningkatkan kecepatan olahraga secara berlebihan jika meningkatkan risiko cedera.
  • Hindari modifikasi olahraga yang menyebabkan sakit atau tidak nyaman. Jangan abaikan sinyal kelelahan, ketidaknyamanan, dan rasa sakit.
  • Berlatihlah bergantian dengan olahraga lain untuk mengurangi risiko dari satu latihan berlebihan.
  • Pastikan untuk memiliki satu atau dua hari pemulihan tiap minggu.
  • Segera istirahat dan memeriksakan diri jika cedera.

Itulah penjelasan tentang olahraga yang melatih otot perut agar kencang. Semoga detikers bisa segera menerapkannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *