Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

Ini Dia 7 Manfaat Lari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Ini Dia 7 Manfaat Lari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Lari pagi merupakan salah satu aktivitas fisik atau olahraga ringan yang banyak diminati. Meski sederhana, manfaat lari pagi bagi kesehatan rupanya tak bisa disepelekan begitu saja.

Lari pagi yang dilakukan secara rutin diketahui dapat menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan suasana hati. Terlebih udara di pagi hari yang masih segar dapat membantu meningkatkan imun dan memberi efek positif bagi tubuh.

Mari ketahui apa manfaat lari pagi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Terdapat sejumlah manfaat lari pagi yang bisa Anda peroleh jika rutin melakukannya, antara lain yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Lari diketahui merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Saat berlari, terjadi peningkatan sirkulasi darah, jantung akan memompa oksigen melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Sirkulasi darah yang baik dapat membantu menjaga kesehatan fungsi kardiovaskular, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Anda bisa memperoleh manfaat ini secara optimal dengan rutin melakukan lari pagi selama total 150 menit per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit per minggu dengan intensitas berat.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Sama halnya dengan olahraga kardio pada umumnya, lari pagi juga dapat membantu menjaga berat badan ideal. Aktivitas ini pun bisa menjadi pilihan rutinitas bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat. Hal ini dikarenakan tubuh akan membakar ekstra kalori dengan kegiatan berlari.

Manfaat lari pagi untuk diet ini bisa diperoleh dengan berlari dalam intensitas sedang. Sebab intensitas lari terlalu berat di pagi hari justru dapat meningkatkan rasa lapar di siang hari yang mendorong seseorang untuk makan lebih banyak.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang Punggung dan Otot

Lari termasuk dalam olahraga berdampak tinggi (high impact sport) yang diketahui berpengaruh positif terhadap kepadatan mineral tulang dan kesehatan tulang secara menyeluruh, termasuk tulang punggung.

Tulang punggung sendiri memiliki sendi semacam cakram kecil fleksibel yang berfungsi sebagai pelindung yang terletak di antara ruas tulang belakang. Posisi duduk dalam waktu yang lama akan membuat tekanan pada cakram tersebut meningkat. Dengan berlari secara rutin di pagi hari, tekanan cakram akan berkurang dan membuatnya tetap fleksibel.

Selain tulang, lari pagi juga bisa membantu mengencangkan otot-otot tubuh. Pasalnya, ketika sedang berlari, seluruh otot tubuh ikut bergerak. Jika dilakukan secara rutin, maka otot akan semakin kencang dan massa otot pun meningkat. Anda dapat mengimbanginya dengan diet sehat agar manfaatnya lebih optimal.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain menjaga kesehatan fisik, ternyata ada juga manfaat lari pagi yang berkaitan dengan peningkatan kualitas tidur. Manfaat ini dapat dirasakan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Dalam penelitian The Journal of Adolescent Health “Daily Morning Running for 3 Weeks Improved Sleep and Psychological Functioning in Healthy Adolescents Compared with Control” tercatat bahwa 51 remaja dengan rata-rata usia 18,3 tahun mengalami peningkatan kualitas tidur dan kondisi psikologis secara keseluruhan setelah rutin berlari selama hari kerja dalam tiga minggu berturut-turut.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian dalam British Journal of Sport Medicine “Is running associated with a lower risk of all-cause, cardiovascular and cancer mortality, and is the more the better?” menyebutkan bahwa berlari secara rutin minimal seminggu sekali dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker hingga 23%.

Manfaat ini bisa diperoleh dengan menerapkan lari pagi minimal 50 menit setiap minggu. Selain menurunkan risiko kematian karena kanker, lari pagi juga diketahui bermanfaat mengurangi risiko kematian akibat gangguan jantung dan aritmia.

6. Meredakan Stres dan Meningkatkan Suasana Hati

Lari pagi juga secara langsung berdampak terhadap kesehatan mental, sehingga menjadi salah satu pilihan efektif untuk mengatasi stres. Berlari akan membuat Anda melupakan masalah sejenak dan meredakan stres dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, olahraga secara umum memang terbukti dapat mengurangi jumlah kortisol (hormon pemicu stres).

Tidak hanya meredakan stres, lari di pagi hari juga dapat membantu memperbaiki suasana hati. Setelah berlari, tubuh akan melepaskan hormon bahagia, seperti endocannabinoid, yang mampu memberi efek menenangkan sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Berlari di pagi hari akan membuat Anda lebih fokus karena memiliki tekad lebih kuat dalam menyelesaikan tantangan serta mengatasi rasa lelah. Tak hanya itu, berlari juga meningkatkan sirkulasi darah ke otak, sehingga bisa membantu meningkatkan fungsi otak.

Sehubungan dengan ini, otak pelari diketahui memiliki hubungan yang lebih kuat pada jaringan frontal dan parietal, serta area otak lainnya yang berhubungan dengan kontrol diri dan daya ingat. Manfaat ini diyakini berasal dari peningkatan kapasitas oksigen saat berlari.

Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk lari pagi? Idealnya, waktu yang tepat untuk lari pagi adalah antara jam 5.30–7 pagi. Namun, Anda juga bisa melakukannya antara jam 8–9 pagi untuk memperoleh paparan sinar matahari pagi secara optimal.

Itulah sejumlah manfaat lari pagi yang perlu Anda ketahui. Meski terlihat mudah untuk dilakukan, lari tetap mengandalkan kekuatan otot dan tulang kaki sehingga Anda harus selalu berhati-hati agar terhindar dari cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *