Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

9 Makanan Rendah Kalori untuk Diet yang Kaya Nutrisi

9 Makanan Rendah Kalori untuk Diet yang Kaya Nutrisi

Bonedjello.com – Saat berencana menurunkan berat badan, maka beberapa pilihan makanan rendah kalori untuk diet berikut ini tak boleh dilewatkan. Pasalnya, sejumlah asupan ini tetap mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh meskipun kadar kalorinya cukup rendah. Sehingga, Anda pun bisa mencapai berat badan ideal yang sehat.

Lantas, apa saja makanan diet rendah kalori yang dimaksud tersebut? Mari simak uraian lengkapnya di artikel ini.

Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Diet

Ada banyak jenis makanan rendah kalori yang dapat ditemukan di sekitar kita. Namun, tidak semuanya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Terdapat beberapa contoh makanan rendah kalori untuk diet namun tetap kaya akan nutrisi, di antaranya:

1. Telur

Makanan rendah kalori untuk diet yang pertama adalah telur. Satu butir telur ayam diketahui mengandung 72 kalori, 6 gram protein, dan sudah dilengkapi dengan berbagai mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh.

Telur juga termasuk salah satu makanan berprotein tinggi yang mengenyangkan sehingga bisa mengurangi rasa lapar. Namun, jika sedang diet, sebaiknya konsumsi telur dengan cara direbus untuk menghindari kandungan lemak tak sehat dari minyak goreng.

2. Kentang

Kentang juga bisa menjadi pilihan makanan diet rendah kalori apabila diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Kentang panggang berukuran sedang yang tidak dikupas kulitnya diketahui mengandung sekitar 161 kalori. Di dalam kentang juga terdapat kandungan protein dan serat yang bisa membuat seseorang merasa kenyang.

3. Dada Ayam

Daging tanpa lemak seperti dada ayam adalah salah satu makanan rendah kalori tinggi protein. Pasalnya, dalam 85 gram dada ayam yang belum dimasak hanya mengandung sekitar 100 kalori. Selain rendah kalori dan tinggi protein, dada ayam tanpa kulit juga menjadi sumber niasin, selenium, dan vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

Agar tetap menjadi olahan makanan rendah kalori yang sehat, dada ayam sebaiknya dimasak sebagai sup dengan tambahan sayur-sayuran seperti wortel dan brokoli untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

4. Buah Beri

Buah beri merupakan salah satu pilihan camilan rendah kalori untuk diet yang bisa dimasukkan dalam menu harian Anda. Beberapa jenis buah beri, seperti blueberry, raspberry, dan blackberry diketahui memiliki kalori yang cukup rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Contohnya, dalam 148 gram blueberry diketahui mengandung sekitar 84 kalori. Selain itu, buah beri juga diperkaya dengan antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. Kandungan seratnya yang tinggi juga diyakini mampu mengurangi keinginan untuk makan.

5. Semangka

Rekomendasi makanan rendah kalori untuk diet selanjutnya adalah semangka. Buah ini disinyalir memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan merasa kenyang lebih lama.

Di dalam 125 gram semangka potong diketahui mengandung sekitar 46 kalori. Bahkan, buah ini juga diperkaya dengan vitamin A dan C. Alih-alih mengonsumsi camilan yang kurang sehat, Anda dapat dapat memilih semangka sebagai penggantinya.

6. Ikan Kod

Ikan kod adalah ikan tanpa lemak dan merupakan pilihan makanan rendah kalori untuk diet yang tepat apabila Anda penggemar makanan laut. Pasalnya, kalori dalam ikan kod lebih rendah dibandingkan ikan salmon, sarden, tuna, dan ikan-ikan lainnya, yaitu kurang dari 70 kalori dan 15 gram protein per 85 gram ikan kod.

Dengan demikian, ikan kod bisa mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Ikan kod dapat dikonsumsi dengan cara dipepes atau dibuat sup agar tetap rendah kalori.

7. Udang

Jika ingin mengonsumsi makanan lezat tapi rendah kalori, maka udang adalah salah satu pilihannya. Meski memiliki berbagai nutrisi yang melimpah, mulai dari niasin, selenium, protein, dan vitamin B12, kadar kalori dari udang cukup rendah, yaitu sekitar 26 kalori dari sekitar 4 udang berukuran besar.

Udang dapat diolah dan disajikan dalam berbagai hidangan. Namun, untuk mendukung jalannya program diet, sebaiknya konsumsi udang dengan cara direbus dan menambahkan berbagai sayuran di dalamnya.

8. Kacang Hijau

Dengan kandungan kalori yang cukup rendah, yaitu 44 kalori per satu cangkir kacang hijau, makanan ini cocok menjadi menu diet Anda. Kacang hijau juga termasuk dalam makanan tinggi serat, mineral, serta vitamin A,B, dan C. Anda dapat mengonsumsi kacang hijau dengan mengolahnya menjadi tumisan atau bubur.

9. Bayam

Bayam merupakan salah satu pilihan sayuran rendah kalori, di mana per 100 gram bayam rebus hanya mengandung 16 kalori. Sayuran ini cocok menjadi menu diet yang sehat karena diperkaya dengan beta karoten yang penting untuk menurunkan berat badan dan tinggi akan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia. Bayam juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga nikmat disantap sebagai sup bayam.

Perlu diingat bahwa keberhasilan diet tidak hanya dipengaruhi oleh pilihan makanan rendah kalori untuk diet, tetapi juga didukung dengan intensitas berolahraga. Olahraga secara rutin akan membantu pembentukan otot tubuh, sehingga Anda bisa menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *